penyebab speedometer mati, rmk cilegon

Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendapati jarum speedometer tiba-tiba tidak bergerak atau justru berjalan tidak stabil? Penyebab speedometer mobil mati atau rusak pun bisa diakibatkan oleh beberapa hal. 

Simak apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar dapat bekerja normal kembali. 

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui

  • Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Kelistrikan pada mobil membuat lampu menyala begitu juga dengan indikator speedometer. Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja.

Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya. Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti.

Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali. Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru.

Sistem kelistrikan yang konslet biasanya juga tidak hanya mempengaruhi speedometer saja tetapi juga komponen lain. Misalnya saja lampu mobil yang menyala redup atau mobil susah untuk distarter.

  • Panel Speedometer yang Error 

Penyebab speedometer mobil mati yang kedua adalah kerusakan pada panelnya. Setelah Anda mengecek sistem kelistrikan ternyata tidak mengalami masalah, maka cek panelnya. Kerusakan juga lebih sering terjadi pada bagian panel speedometer ini.

Pada saat panel speedometer rusak ada dua hal yang akan terjadi. Pertama jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar. Kedua speedometer akan mati total yang menyebabkan panik.

Kerusakan bisa langsung terjadi jika satu panel saja mulai error yang membuat indikator panel tidak bekerja optimal. Pengecekan bisa dilakukan dengan memanfaatkan scan tool, alat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui panel mana yang perlu diganti.

  • Sensor Speedometer Tidak Lagi Bekerja 

Terakhir adalah masalah pada sensor speedometer. Sensor yang berada di bagian transmisi inilah yang berperan besar untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini biasanya berjenis optik dengan perawatan mudah.

Hanya saja sensor yang rusak juga bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui.

Sensor yang rusak juga mempengaruhi nyala lampu check engine menyala pada mobil injeksi. Sedangkan untuk kendaraan yang memanfaatkan rem ABS, sensor ini dipasang justru pada bagian roda mobil.

Jika letaknya di roda mobil, maka ketika rem ABM rusak maka sensor juga mengalami masalah. Anda perlu mengecek bagian rem ABM sekaligus sensor speedometer ini, jika rusak segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat.

Cara Mengatasi Speedometer Mobil yang Mati

  • Mengecek Sekring 

Anda bisa mengecek terlebih dahulu sekring yang terhubung dengan speedometer. Sekring yang putus akan mengakibatkan speedometer mati dan Anda harus menggantinya. Penggantian sekring akan memperbaiki operasional speedometer

Jangan lupa untuk membeli sekring yang sama karena masing-masing mobil biasanya berbeda. Terutama ukurannya yang kecil sehingga harus berhati-hati pada saat menggantinya. 

  • Mengecek Kinerja Aki 

Komponen aki berperan sangat penting dalam kinerja sistem kelistrikan. Seperti yang telah dijelaskan, terjadinya konslet menjadi penyebab speedometer mobil mati. Oleh karena itu jika aki yang berfungsi menyimpan daya tidak bekerja, maka listrik tidak akan tersambung. 

Aki mobil mungkin saja perlu dicharge sehingga mampu bekerja secara normal kembali. Apabila aki tidak dapat menampung daya kembali, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

  • Perawatan Speedometer

Selain cara mengatasi, Anda juga harus melakukan perawatan demi mencegah terjadinya kerusakan. Komponen speedometer sendiri sebenarnya cukup awet apalagi jika dirawat dengan benar. 

Jika Anda menggunakan speedometer digital, maka harus mengecek arus tegangan aki dengan benar sehingga kinerja indikator speedometer tetap maksimal. Sedangkan untuk speedometer analog sebaiknya rutin melumasi bagian pengaturan gigi saja. 

Baik itu mengecek kerusakan speedometer atau perawatannya juga diperlukan tenaga khusus yang sudah ahli. Anda bisa mengandalkan teknisi dari bengkel resmi Suzuki untuk memperbaikinya. 

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk anda !

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit mobil Suzuki dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *