Panduan Darurat Ketika Mobil Mati Mendadak, Suzuki RMK Ciledug, Suzuki RMK Cilegon

Panduan Darurat Ketika Mobil Mati Mendadak

Panduan Darurat Ketika Mobil Mati Mendadak, Wajib di Catat!

Panduan Darurat – Mobil yang mendadak mogok tentunya sangat merepotkan dan menghambat aktivitas Anda. Terlebih jika Anda tidak terlalu memahami seluk beluk mesin, sehingga tidak melakukan perbaikan darurat sendiri. Biasanya dalam keadaan seperti ini Anda akan mencari bantuan orang di sekitar atau mencari bengkel terdekat. Tapi, bagaimana jika kendala ini terjadi jika Anda berada di jalanan yang sepi? Jangan panik! Lakukan beberapa tips di bawah ini agar bisa mengatasi dan mencari tahu mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan. 

Menepi Di Tempat Yang Aman

Saat mesin mati mendadak tapi mobil masih bisa bergerak, manfaatkan hal ini untuk bisa menepi ke sisi jalan yang aman. Nyalakan lampu hazard dan pilihlah tempat yang aman dan memiliki penerangan yang cukup. Setelah menepi Anda bisa memeriksa kondisi mobil Anda dengan membuka kap mesin. Jangan lupa selalu awasi barang penting di dalam mobil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Taruh juga  segitiga pengaman di belakang mobil agar kendaraan lain tahu mobil Anda sedang bermasalah.

Cek Indikator Dashboard

Cara termudah mengetahui kendala pada mobil adalah dengan melihat panel instrumen di dashboard. Perhatikan lampu indikator mana saja yang menyala, misalnya jika lampu yang berbentuk termometer menyala, hal ini berarti mobil Anda mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki. Matikan mesin dan starter kembali untuk melihat apakah indikator tersebut mati setelah distarter ulang. Tapi jangan dilakukan berlebihan, sebab starter ulang lebih dari 3 kali berturut-turut bisa merusak komponen starter motor, baterai dan kualitas oli mesin. 

Baca Juga :  Tips Mobil Hemat Bbm

Periksa Radiator Mobil

Penyebab mogok paling umum adalah mobil yang overheat atau terlalu panas. Jika mengalami hal ini, segera periksa radiator dan tambahkan air radiator atau air biasa. Tapi jangan langsung mengisi air pada saat mesin masih panas, sebab semburan air panas dari radiator bisa melukai Anda. Tunggulah hingga mesin dingin atau sekitar 20 menit, baru tuangkan air ke dalam radiator dan tunggu kembali beberapa saat sebelum menyalakan mesin kembali. 

Periksa Aki

Aki yang soak juga menjadi penyebab utama mesin mendadak mati. Biasanya hal ini disebabkan oleh aki yang melemah atau kehabisan daya listrik. Buka kap mesin dan periksalah bagian terminal aki apakah sudah terpasang dengan benar. Cek juga keberadaan bagian positif (+) dan negatif (-) pada aki termasuk juga dengan kabel-kabelnya. Jika permasalahannya adalah aki yang soak, satu-satunya cara adalah dengan mengecas aki atau ganti dengan yang baru. 

Pastikan Oli Masih Dalam Kondisi Normal

Kekurangan oli juga bisa mengakibatkan mobil mati mendadak. Karenanya, periksa bagian indikator oli untuk mengetahui apakah level oli masih ada pada batas normal atau butuh segera ditambahkan. 

Itulah tadi beberapa langkah panduan darurat yang bisa dilakukan ketika mobil mendadak mogok. Agar terhindar dari situasi ini, jangan pernah menganggap remeh pengecekan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, apalagi saat hendak bepergian jarak jauh. Selalu luangkan waktu khusus untuk memeriksa kondisi seluruh komponen mobil untuk memastikan kendaraan Anda dalam keadaan yang prima. Hubungi layanan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) untuk mendapatkan bantuan dari Suzuki RMK  jika mengalami kendala darurat.

Dealer Resmi Suzuki RMK Cilegon

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk anda !

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit mobil Suzuki dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *